Festival Penyihir

Dalam legenda bangsa Italia Epiphany atau Befana (=nama lain) digambarkan dengan wujud penyihir tua, dengan topi dan sapu terbang. Epiphany yang selanjutnya saya sebut sebagai Befana, pada malam hari setiap tanggal 5 Januari dipercaya membagikan hadiah kepada semua anak-anak di Italia sebagai penutup dari bermacam perayaan atau festival Natal.

Anyway, mungkin terasa aneh, mengingat penyihir adalah bagian dari Pagan yang ditolak dengan tegas oleh Gereja. Here we go, menurut legenda Befana hidup dimasa kanak-kanak Yesus, Befana yang berwujud wanita tua. Diceritakan 3 Para Majus (The Three Wise Kings) yang sedang mencari keberadaan bayi Yesus, meminta pertolongan Befana untuk bermalam dirumahnya dan mengajak Befana untuk bergabung mencari bayi Yesus. Befana menolak, namun kemudian menyesal dan mulai dari saat itu, Befana mulai mencari bayi Yesus sampai sekarang.

Befana akan memberikan bermacam hadiah kepada anak-anak baik dan memberi ‘arang’ ke anak-anak nakal. Pada masa sekarang ‘arang’ yang digunakan para orang tua adalah permen yang dibentuk menyerupai arang.

Therefore, pada tanggal 6 diperingati sebagai Hari Epiphany/Befana, dirayakan dengan festival di pusat-pusat kota. Biasanya akan nampak banyak gambar-gambar penyihir dan wanita-wanita dengan kostum penyihir.

Begitu beruntung anak-anak di Italy, mendapat hadiah Natal dari Santa Claus dan Befana 😉

Befana atau Epiphany dipercaya memberikan hadiah semacam santa claus

Befana atau Epiphany dipercaya memberikan hadiah semacam santa claus

Wanita-wanita berkostum ala Befana

Advertisements